Perhitungan Biaya Pembuatan Kolam Renang

Perhitungan Biaya Pembuatan Kolam Renang
jual perlengkapan kolam renang Jakarta

Biaya pembuatan kolam renang yang ditawarkan jasa kontraktor kolam renang biasanya bervariasi. Meskipun perbedaan biaya tidak terlalu signifikan namun tidak ada salahnya kita mengetahui perkiraan total biayanya. Cara ini juga penting untuk menyesuaikan pengeluaran biaya dengan anggaran yang disiapkan.

Biaya pembangunan kolam renang dipengaruhi beberapa faktor seperti lokasi pembuatan dan perlengkapan yang digunakan. Mari kita bahas satu-persatu.

Lokasi Pembuatan Kolam Renang

Harga jasa konstruksi kolam renang

Arsitek kolam renang kebanyakan memasukkan akses lokasi pembuatan kolam renang kedalam salah satu item biaya. Mengapa? Karena akses lokasi pembuatan bisa jadi menyulitkan pekerjaan kontraktor yang nantinya mempengaruhi biaya akomodasi.

Misalnya ada selisih biaya antara kontraktor satu dengan lainnya mungkin harus dimaklumi. Karena pasti ada alasan tertentu terkait lokasi pembuatan kolam yang ditunjuk.

Biaya Perlengkapan (Pompa, Filter,dll)

jual perlengkapan kolam renang Jakarta

Selain lokasi, peralatan kolam renang juga mempengaruhi biaya pembuatan kolam renang. Perlengkapan yang dimaksud seperti pompa, filter sirkulasi, inlet fitting, vacuum fitting, skimmer box, dan main-drain. Namun diantara beberapa perlengkapan tadi yang harganya cukup menguras kantong adalah pompa.

Jika harus menyebut merk, ada 4 merk pompa kolam renang yang paling populer di Indonesia yaitu: Starite (19 jutaan), Hayward (18 jutaan), Pentair (16 jutaan), dan Astral (15 jutaan).

Lalu berapa perhitungan kasar biaya pembuatan kolam renang?

Kita ambil contoh biaya pembuatan untuk kolam renang ukuran 3 x 5 meter, kedalaman 1,5 meter dengan asumsi perhitungan biaya berdasarkan meter persegi dari seluruh luasnya.

Sebelum masuk penganggaran secara nominal, perhatikan parameter berikut ini.

  • Ukuran 3 x 5 meter = luas 15 meter persegi. Kedalaman 1,5 meter.
  • Menggunakan pompa merk Hayward Rp 18 juta.
  • Biaya pembangunan konstruksi Rp 3 juta/ meter persegi.
  • Air PDAM untuk pengisian kolam Rp 500 ribu.
  • Finishing keramik mozaik.

Perhitungannya:

  • 15 meter persegi x 1,5 meter x Rp 3 juta = Rp 67,5 juta.
  • Rp 67,5 juta + Rp 18 juta + Rp 500 ribu = Rp 86 juta.

Untuk mengantisipasi kebutuhan anggaran tak terduga, minimal dana yang harus disiapkan Rp 90 juta. Perkiraan harga tersebut termasuk biaya untuk pembuatan kolam renang kategori mini ( 3 x 5). Namun begitu biaya bisa lebih kecil atau justru lebih besar. Tergantung penambahan perlengkapan dan jasa kontraktor kolam renang yang kita pakai.

Tips Berhemat Biaya Pembuatan Kolam Renang

Untuk menghemat biaya pembuatan kolam renang sebaiknya dipilih lokasi konstruksi dengan struktur tanah yang tidak mudah bergeser. Ini penting supaya pondasi, dinding, dan lantai kolam tidak cepat retak. Tanah yang mudah bergeser dibutuhkan desain kolam yang lebih rumit, dengan sendirinya dana yang dibutuhkan juga lebih besar.

Tips berikutnya, pilih jasa arsitek kolam renang yang mempunyai track record bagus, berpengalaman dan profesional. Nama jasa kontraktor pembuatan kolam renang yang direkomendasikan adalah PT Salsabila Jasa Qila. Masalah jam terbang PT Salsabila Jasa Qila tidak perlu diragukan lagi. Apapun desain kolam renang yang Anda inginkan dan berapun ukurannya, Salsabila Jasa Qila siap mengerjakan secara profesional, cepat, biaya terjangkau, dan bergaransi.