logo pt salsabila jasa qila - spesialis jasa kontraktor kolam renang jakarta jabodetabek bogor

Menjaga kolam renang agar tetap bersih merupakan salah satu fungsi dari sand filter kolam renang yang diimbangi dengan perawatan kolam renang yang optimal.

Beragam jenis dan harga produk menawarkan fungsi sand filter kolam renang yang baik, banyak beredar di pasaran.

Fungsi sand filter kolam renang pada dasarnya bekerja dengan cara mengekstrak kotoran dari air dengan memanfaatkan pasir untuk mengumpulkan kotoran sekecil dua puluh micron.

Oleh karena itu disebut sebagai sand filter. Fungsi sand filter kolam renang adalah dengan membuang puing-puing dan limbah air.

Mengapa Harus Memakai Sand filter?

Teknologi sand filter kolam renang sebenarnya sudah diciptakan sejak zaman Yunani kuno, tapi masih banyak digunakan hingga sekarang.

Jika kamu memiliki kolam renang pribadi, maka kamu mungkin akan bertanya-tanya “mengapa harus menggunakan sand filter untuk membersihkan kolam renang?”

Padahal terdapat banyak jenis sistem penyaringan kolam renang lainnya yang bisa bekerja lebih efektif, seperti Diatomaceus filter atau Cartridge.

Keunggulan dari sand filter kolam renang:

  1. Kemampuan menyaring kotoran berukuran 20 – 40 microns atau debu berukuran 0,4 – 0,5 mm
  2. Harga yang lebih murah dan mudah ditemukan di pasaran
  3. Usia pakai yang lebih panjang mencapai 5-7 tahun, tapi biasanya bekerja efektif hanya tiga tahun
  4. Sistem yang mudah dirawat

Kekurangan dari sand filter kolam renang:

  1. Tekanan dari mesin sand filter kolam renang bisa terlalu tinggi dan berbahaya. Jadi, pastikan untuk selalu membaca buku panduan sebelum mengoperasikan mesin.
  2. Kejernihan air yang diperoleh tidak maksimal karena tidak dapat menangkap partikel yang lebih kecil seperti debu.
  3. Lateral pada pasir bisa pecah sehingga berpotensi pasir masuk ke kolam renang.

Kebanyakan jenis sand filter menggunakan pasir #20 atau silika kristal mesh #20, tetapi bisa juga menggunakan kaca atau zeolit. 

Tangki sand filter kolam renang biasanya terbuat dari baja tahan karat, fiberglass, atau plastik dan cukup tahan lama untuk menahan tekanan tinggi yang diperlukan untuk menjalankan sistem penyaringan.

Cara Kerja Sand filter Kolam Renang

Fungsi sand filter kolam renang sebagai penyaring kotoran kolam renang menggunakan pasir khusus penyaring sebagai media pembersih.

Saat kamu menyalakan mesin tersebut, air kolam renang akan tersedot masung ke tangki penyaringan terus-menerus. 

Fungsi sand filter kolam renang saat air masuk ke dalam tabung saringan tersebut, air akan melewati beberapa lapisan pasir. 

Dari bagian atas tangki ke bawah tangki, air akan ditekan dengan kekuatan tinggi. Kotoran pada air akan tersangkut pada setiap lapisan pasir tersebut.

Jenis kotoran yang ditangkap sand filter kolam renang seperti puing-puing atau serpihan, sehingga air nantinya akan bersih dan jernih saat dikeluarkan.

Pastikan kalau filter pasir harus selalu dicuci kembali, maksudnya saat pasir sudah terlalu padat oleh kotoran.

Cara Membersihkan Pasir Penyaring

Fungsi sand filter kolam renang adalah membersihkan kolam renang, namun perlu diingat untuk selalu merawat mesin juga, salah satunya dengan membersihkan pasir di dalamnya.

Saringan pasir perlu dicuci ulang baik secara manual atau otomatis. Mencuci filter pasir dengan cara membalikkan aliran air melalui pasir. 

Sisa-sisa aliran air dalam mesin tesebut yang yang nantinya akan dibuang bersama kotoran yang menyangkut. 

Proses pembersihan Backwashing ini dapat diselesaikan dalam beberapa menit. Setelah proses backwashing selesai dan sistem telah dibilas, pasir bersih dapat memulai kembali proses penyaringan air kolam.

Berapa Ukuran Sand filter yang Dibutuhkan?

Ukuran sand filter kolam renang yang kamu butuhkan akan tergantung pada ukuran kolam dan berapa galon air yang ditampungnya. 

Sebagian besar kolam renang renang rumahan mencapai hingga 20.000 galon akan membutuhkan saringan pasir berdiameter 24 inci.

Sementara kolam di atas 50.000 galon akan membutuhkan saringan pasir berdiameter 36 inci, yaitu ukuran terbesar. 

Kolam dengan volume mulai dari 20.000 hingga 30.000 galon akan membutuhkan tangki 24 – 30 inci.

Saat mempertimbangkan ukuran mesin yang ingin dibeli, sebaiknya memperkirakan ukuran yang lebih besar jangan lebih kecil. Hal ini untuk menghindari kerja sistem yang berlebihan saat menampung air.

Kolam Renang Seperti Apa Cocok dengan Sand filter?

Semua kolam renang rumahan dapat memanfaatkan fungsi dari sand filter kolam renang, termasuk kolam fiberglass, beton, pelapis vinil, dan kolam cetakan seperti kolam kontainer.

Pemilik kolam di atas tanah, dengan model sisi dinding lunak dan dinding gulung, juga biasa menggunakan sand filter kolam renang. 

Sebenarnya jenis kolam renang tidak begitu mempengaruhi sistem penyaringan apa yang kamu pilih atau seberapa efektifnya mesin akan bekerja. Yang terpenting adalah menyesuaikan ukuran filter dengan ukuran kolam.

Penutup 

Setelah mengetahui banyak tentang fungsi dari sand filter kolam renang, tentunya kamu tidak bisa berhenti di sini saja.

Berbagai perencanaan matang dalam membangun kolam renang hingga hasil konstruksi yang baik, sayang sekali jika air kolam renang tidak jernih.

Air kolam renang yang tidak jernih tentu merupakan dampak dari mesin sirkulasi yang tidak bekerja optimal, salah satunya memilih mesin penyaring untuk kolam renang.