logo pt salsabila jasa qila - spesialis jasa kontraktor kolam renang jakarta jabodetabek bogor

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang cara menghindari pertumbuhan lumut di kolam renang? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan informasi tentang cara menghindari pertumbuhan lumut di kolam renang. Simak artikel ini untuk pembahasan selengkapnya.

Lumut memang menjadi salah satu masalah yang sangat wajar ketika Anda memiliki kolam renang, sebab memang pada dasarnya lumut memiliki habitat di perairan yang terkena langsung oleh sinar matahari. Oleh sebab itu, ketika Anda membangun kolam renang, maka sudah sewajaranya Anda siap-siap untuk melakukan perawatan pada kolam renang Anda secara rutin agar kolam renang Anda tetap bersih.

Penyebab Kolam Renang Menjadi Berlumut

Untuk mengatasi permasalahan lumut pada kolam renang, Anda harus tahu penyebabnya terlebih dahulu, penyebab tumbuhnya lumut antara lain:

Beberapa hal tersebut mungkin menjadi penyebab tumbuh dan berkembangnya lumut pada kolam renang Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mencegah daripada mengobati, sehingga kolam renang Anda tetap akan bersih dari tumbuhnya lumut.

Cara Menghindari Pertumbuhan Lumut di Kolam Renang

Ketika Anda telah paham penyebab tumbuhnya lumut dan telah mencoba mengatasi penyebabnya, namun lumut pada kolam renang tetap tumbuh. Maka sebaiknya Anda melakukan tahap berikutnya, yaitu pengobatan lumut pada air kolam renang. Berikut beberapa cara menghindari pertumbuhan lumut di kolam renang:

Rutin Memeriksa Kadar Klorin dan pH Pada Air

Kadar klorin dan derajat keasaman atau lebih sering disebut dengan pH air kolam renang sangatlah berpengaruh terhadap pertumbuhan lumut di dinding dan dasar kolam renang. Oleh sebab itu, untuk mengatasi kolam renang yang ditumbuhi lumut, Anda harus memeriksa kadar klorin dan pH air pada kolam renang secara rutin.

Ketika Anda mengetahui hasil dari pH air, maka Anda dapat mengambil langkah yang tepat dalam mengatasi kolam renang yang berlumut. Penanganan yang tepat pastinya akan menjauhkan kolam renang Anda dari tumbuhnya lumut.

Apabila dinding dan dasar kolam renang Anda telah ditumbuhi oleh lumut, maka sebaiknya Anda menggunakan sikat untuk membersihkan lumut tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengangkat lumut-lumut yang bersarang di dinding dan dasar kolam renang tersebut dapat dibersihkan.

Rutin Membersihkan Kolam Renang Dengan Sikat

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal ketika membersihkan kolam renang dari lumut, sebaiknya Anda juga memperhatikan ketelitian saat membersihkan kolam renang tersebut. Sebab, biasanya di sudut dinding kolam renang biasanya sering masih tertinggal banyak lumut dan sulit untuk dibersihkan.

Ketika Anda kesusahan dalam membersihkan hal tersebut, Anda dapat menggunakan bantuan berbagai cairan kimia yang dapat membasmi lumut pada kolam renang Anda. Sebab, bahan kimia akan membantu Anda untuk membersihkan lumut pada kolam renang secara lebih mudah daripada biasanya.

Menggunakan Obat Anti Lumut Kolam Renang

Penggunaan bahan kimia dalam membersihkan lumut dari kolam renang akan sangat membantu ketika Anda sedang membersihkan lumut yang tumbuh dan berkembang di kolam renang Anda. Bahan kimia yang dapat Anda gunakan dalam membersihkan kolam renang dari lumut antara lain, klorin dan granular.

Penggunaan klorin bubuk memerlukan bahan tersebut sebanyak 1,5 kg. Bahan tersebut kemudian dilarutkan di dalam ember hingga benar-benar larut dalam air, kemudian diamkan selama beberapa menit. Ketika telah nampak endapan pada ember tersebut, maka Anda bisa menuangkan larutan klorin pada kolam renang tersebut. Namun perlu diperhatikan, bahwa endapan yang berada di ember jangan sampai ikut masuk ke kolam renang.

Selepas itu, tambahkan air lagi dalam ember tersebut dan ulangi langkah tersebut hingga sekitar 3 kali. Jika Anda merasa sudah melakukan hal tersebut, Anda dapat membuang endapan bubuk tersebut agar tidak mengotori kolam renang Anda.

Selanjutnya pada penggunaan granular, Anda memerlukan bahan tersebut sebanyak 1 kg. Ketika Anda melakukan cara ini, pastikan Anda menaburkan granular secara langsung ke dalam kolam renang. Kemudian tunggu 15 menit, kemudian Anda dapat menambahkan soda ash demi meningkatkan pH air pada kolam renang dengan cara menunangkannya secara langsung ke dalam kolam renang.

Selepas Anda melakukan hal tersebut, masukkan trussi ke dalam ember yang berisi air dan aduk air tersebut hingga larut. Setelah larut, tuangkan trussi tersebut ke dalam kolam renang, penggunaan trussi dapat bermanfaat untuk membunuh alga dan lumut. Selepas memberikan bahan kimia pada kolam renang, pastikan Anda vacuum kolam renang tersebut sebelum menggunakannya kembali.

Demikian penjelasan kami mengenai cara menghindari pertumbuhan lumut di kolam renang. Semoga informasi tentang cara menghindari pertumbuhan lumut di kolam renang bermanfaat bagi Anda. Anda tidak perlu khawatir akan permasalahan kolam renang yang sedang Anda alami, percayakan saja pada Kontraktor Kolam Renang Salsabila Jasa Qila.

Have A Nice Day 😊