Arsitek Kolam Renang: Mengenal Konsep dan Desain Kolam Renang Over Flow

Arsitek Kolam Renang: Mengenal Konsep dan Desain Kolam Renang Over Flow

Arsitek Kolam Renang – Dari sisi desain banyak orang menganggap pembuatan kolam renang over flow butuh biaya sangat besar. Mungkin ini jika dibandingkan dengan model kolam renang skimmer yang secara desain lebih sederhana.

Dari sisi biaya mungkin memang sedikit lebih besar namun kolam renang over flow tetap menjadi pilihan banyak orang sehingga menjadikannya sangat populer. Alasan memillih desain over flow utamanya karena lebih hemat dalam hal penggunaan air. Dengan demikian tentu lebih hemat biaya dan perawatan untuk kedepannya.

Secara teknis kita yang awam tentu masih bingung dengan kolam renang tipe over flow ini. Lebih spesifiknya memang ini ranahnya kontraktor atau arsitek kolam renang profesional. Namun begitu tidak ada salahnya kita sedikit membahas prinsip kerja serta konsep kolam renang model over flow ini.

Penggunaan Air Kolam Renang Skimmer

jasa kontraktor kolam renang jakarta

Terlepas dari teknisnya, masalah penggunaan air (termasuk penguapan) kolam renang skimmer tidak ada bedanya dengan kolam renang over flow.

Jika dilihat dari sistem kerja kolam renang tipe skimmer, alat skimmer box akan menarik masuk air dari kolam menuju sistem filterisasi untuk kemudian dikembalikan ke kolam renang. Bisa dikatakan ini menggunakan sistem atau jalur tertutup.

Jadi dapat disimpulkan bahwa pengurangan air secara alami pada kolam renang tipe skimmer hanya akibat penguapan. Biasanya intensitas penguapan akan sangat signifikan ketika musim panas mencapai puncaknya.

Penggunaan Air Kolam Renang Over Flow

Dibanding tipe skimmer, penggunaan air kolam renang over flow sedikit berbeda. Pada sistem over flow, air yang ditarik masuk ke skimmer terlebih dulu akan ditampung pada sebuah tangki.

Selanjutnya air disaring melalui sistem filterisasi kemudian masuk ke return filter untuk dikembalikan lagi ke kolam renang. Ketika air kolam renang penuh, selanjutnya air dari return inlet air akan mendorong air yang sudah ada dalam kolam masuk ke skimmer lalu dialirkan kembali ke penampungan. Begitu terus berulang-ulang.

Air Kolam Renang overflow

Dengan proses sirkulasi air tersebut, air akan terlihat seperti meluber dan tumpah ruah. Namun sebenarnya yang terjadi air tidak terbuang. Seperti yang diulas tadi, luberan air akan masuk ke skimmer yang posisinya dipinggiran kolam renang dimana disitu juga ada ruang penampungan air sebelum air masuk ke sistem filterisasi.

Sistem sirkulasi over flow ini memang cukup unik. Artinya secara teknis jalur-jalurnya tidak tertutup namun kondisinya tetap tidak berubah dimana air tidak berhenti berputar.

Jadi kesimpulannya, Anda tidak perlu pusing mendengar asumsi dari kalangan umum tentang penggunaan air kolam renang over flow, terutama biaya pembuatannya. Jika Anda ingin membuat kolam renang dengan sistem sirkulasi skimmer atau over flow serahkan saja kepada Salsabila Jasa Qila.

Salsabila Jasa Qila menyediakan arsitek kolam renang berpengalaman dan profesional dengan harga terjangkau. Mau beli perlengkapan dan aksesoris kolam renang? Tenang, semua sudah tersedia di Salsabila Jasa Qila.