Arsitek Kolam Renang: Berapa Ukuran Ideal Kolam Renang?

Arsitek Kolam Renang: Berapa Ukuran Ideal Kolam Renang?

Arsitek Kolam Renang – Ada bermacam-macam model kolam renang, lebih tepatnya model-model kolam tersebut desainnya tergantung dari lokasi pembuatan dan fungsinya. Misalnya private pool untuk kolam renang pribadi atau kolam renang wisata untuk sarana olahraga umum dan kompleks perumahan.

Dari modelnya yang beragam, fasilitas yang diperlukan juga berbeda-beda. Fasilitas yang dimaksud mencakup perlengkapan, aksesoris, dan beberapa ornament untuk mengoptimalkan keindahan dan estetika kolam renang itu sendiri.

Berdasarkan perbedaan-perbedaan diatas maka jika ada pertanyaan “berapa ukuran ideal kolam renang?”, maka jawabannya tidak ada patokan baku ukuran kolam renang. Intinya penentuan ukuran kolam renang dipengaruhi banyak hal, termasuk request pengguna dan luas lahan yang tersedia.

Ukuran kolam renang memang tergantung selera, biasanya arsitek kolam renang tinggal mengikuti permintaan konsumen. Terkecuali pembuatan kolam renang Olympic yang biasa digunakan untuk pertandingan olahraga renang, tentu saja memiliki standard ukuran khusus.

Ukuran Standar Private Pool / Home Swimming Pool

Kolam renang air hangat

Ukuran ideal kolam renang, khususnya kolam renang pribadi atau untuk rumah (private pool / home swimming pool) memang tergantung dari permintaan pengguna. Namun disini yang kita bahas adalah ukuran standarnya.

Supaya lebih nyaman digunakan, kolam renang untuk pribadi atau rumahan ukuran standard  yang direkomendasikan 7 meter x 3 meter (PxL). Tentunya lahan yang tersedia minimal harus 8 meter x 4 meter (PxL). Mengenai berapa kedalamannya bisa dipertimbangkan sendiri atau menurut keputusan bersama (keluarga).

Ukuran kolam yang direkomendasikan ini orientasinya hanya sebatas untuk kenyamanan dan keamanan pengguna, mungkin tidak hanya Anda tapi seluruh keluarga. Jadi terlepas berapapun ukurannya, safety first tetap harus jadi prioritas.

Padar prinsipnya ukuran kolam yang luas menghadirkan kepuasan tersendiri, terlebih saat bersantai bersama keluarga. Namun jika kolam hanya difungsikan untuk bermain air atau berendam, lahan yang dibutuhkan tidak perlu terlalu luas.

Ukuran Standar Public Swimming Pool

Seperti halnya home swimming pool, tidak ada ukuran baku untuk jenis public swimming pool atau kolam renang untuk umum (komersial) ini. Namun jika mengacu pada trend kolam renang komersil yang ada sekarang, standard ukuran luasnya yaitu 25 meter persegi.

Meski ukurannya relatif kecil biasanya public swimming pool dibuat lebih dari satu. Artinya tidak hanya satu blok saja. Bisa dua atau tiga blok, tergantung target market-nya.

Jasa Pembuatan Kolam Renang

Poin utama yang wajib diperhatikan oleh arsitek kolam renang saat membuat public swimming pool adalah faktor security. Jaminan keamanan pengguna ini sangat penting. Mengapa? Sebab fasilitas publik yang aman dan nyaman cenderung lebih banyak peminat. Bukan hanya meningkatkan income namun jaminan keamanan juga meningkatkan value kepercayaan.

Untuk pembuatan kolam renang pribadi maupun untuk fasilitas publik sebaiknya memiilih jasa arsitek kolam renang profesional dan terpercaya yaitu Salsabila Jasa Qila. Salsabila Jasa Qila adalah penyedia kontraktor berpengalaman yang melayani pembuatan kolam renang dalam dan luar kota. Biaya ringan dan bergaransi.